Computer History

Opini Tentang Perkembangan Komputer Mulai Generasi IV

Setelah mempelajari dan memahami sejarah computer mulai awal (generasi I) hingga generasi terakhir (generasi IV) sebagaimana yang dijelaskan Wikipedia dalam makalah generasi computer. Maka saya akan mencoba mengutarakan opini tentang generasi terakhir hingga saat ini. Menurut saya, perkembangan yang dialami computer ini sungguh begitu cepat dan membanggakan, dilihat dari tingkat kecanggihan dan kerumitan tools (perkakas) yang terdapat didalamnya sehingga dapat beroperasi dengan sangat baik. Selain itu, kita ketahui bahwa computer bermula pada tahun 1941 yang disebabkan meledaknya Perang Dunia Kedua tersebut, dan kini belum lengkap berusia satu abad perjalanan computer, ternyata para ahli mampu menciptakan hasil-hasil yang begitu cepat masa perubahannya. Bermula dari fungsi awal sebagai alat hitung dan penggunaannya dalam strategi perang, kemudian berkembang sebagai alat yang sangat berperan dalam bisnis, serta berkembang lebih jauh menjadi sebuah alat kebutuhan utama dalam setiap lini kehidupan dan kini menjadi penopang utama yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia serta menghemat SDM yang digunakan.

Dalam perjalanannya, pada generasi ke-IV hingga sekarang ini. Computer mengalami fase yang begitu melejit tajam, yang mana sebelumnya computer bermetamorfosis perlahan tahap demi tahap, mulai menggunakan tube vakum dan silinder magnetic sampai menggunakan transistor dan semikonduktor (tahun 1992). Namun, setelah itu rasanya perkembangan computer sangat derastis membaik, dengan munculnya program terbaru INTEL (Pentium, core two, core i3, core i5, core i7) dan program-program internal computer serta pengecilan bentuk dan alat-alat eksternal computer tersebut yang semakin memanjakan konsumen karena semi fungsi yang dimiliki computer. Dalam hal ini terdapat hal positif, dimana para ahli (manusia) menjadi semakin haus akan kemajuan sehingga mendorong mereka untuk selalu menciptakan inovasi terbaru yang ingin mengimplementasikan daya otak yang mereka miliki dalam bentuk teknologi canggih yang jauh sebelum zaman ini belum pernah terfikirkan dan terwujudkan.

Definisi Generasi Komputer Setelah Generasi IV
Mendefinisikan generasi komputer setelah generasi ke-IV adalah bukan hal yang mudah, mengingat terlalu belianya usia periodisasi dari perkembangan komputer tersebut, namun saya akan berusaha mendefinisikan sesuai pengetahuan dan pengalaman lingkungan yang pernah saya kenal di dunia komputer. Berikut periodesasi komputer setelah periode ke-IV, antara lain:

1.      Generasi Ke-V (1993-2000)

Generasi ke-V ini dimulai pada awal tahun 1993, berdasarkan pengamatan pada sejarah computer yang paparkan oleh Wikipedia yangmana period eke-IV berakhir pada akhir tahun 1992. Generasi yang mengawali zamannya dengan pengembangan kemajuan teknologi yang telah dicapai sebelumnya ini, memiliki ciri khas yang begitu jelas yakni dimana computer semakin kecil bentuknya daripada periode sebelumnya, seperti munculnya laptop yang lebih mini, dan computer yang mampu bekerja sesuai dengan nalar user-nya, walaupun ini pada waktu itu masih berupa wacana dan target para ahli computer. Juga ditandai dengan perkembangan kwalitas kecepatan proses dari komputer itu sendiri, seperti apa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan computer layaknya intel dll. Dan periode ini ditutup pada akhir tahun 2001 karena setelah itu akan memasuki teknologi yang jauh lebih canggih sehingga kita perlu membuat periode baru.

2.      Generasi Ke-VI (2001-2007)
Generasi ke-VI ini bias kita sebut dengan generasi millennium, dimana perkembangan dari setiap lini kehidupan dunia kesemuanya digalakkan, tak terkecuali dunia elektronik (computer). Pada masa ini, computer sudah menjadi sahabat setia hidup manusia, tak hanya perkantoran dan industry saja yang menggunakannya, namun lebih dari itu, hampir setiap rumah sudah memiliki alat tersebut. Dengan kondisi itu, perusahaan computer pun terus menyajikan program-program baru canggih yang belum ada sebelumnya. Tampak pada bentuk computer yang semakin kecil (notebook, palmtop, dll), juga program yang semakin memanjakan manusia, serta maraknya transaksi internet,.
Pada masa ini, computer sudah beroperasi dalam banyak kebutuhan manusia, tak hanya perhitungan, pengolahan data, transaksi perbankkan, atau transaksi jual beli saja, lebih dari itu, disajikan pula layanan hubungan social seperti munculnya program jejaring social yang mempermudah hubungan jarak jauh menggunakan computer (seperti facebook, twitter, dll)

3.      Generasi Ke-VII (2007-sekarang)

Pada periode terakhir ini, perusahaan-perusahaan computer terus memproklamirkan diri, bahwa computer tidak hanya apa yang selama ini merekan berikan (serving). Terbukti melalui dimunculkannya program computer yang sangat membantu kinerja manusia di setiap eselon kehidupan. Sebagi contoh, meningkatnya perusahaan Microsoft (dari microsof 2003 menjadi Mx. 2007 dan sekarang Mx. 2010), adanya program design (Adobe yang selalu update, Corel Draw 11, 12, X3 dan X4, dll), perusahaan intel (Pentium IV menjadi CORE i3, CORE i5, dan yang kini terbaru CORE i7). Pada setiap jenjang peningkatan tersebut selalu ada saja penambahan fasilitas, kwalitas dan kwantitas dari pemanfa’atan computer bagi manusia.

Satu hal yang patut dibanggakan pada masa ini, adalah ditemukannya computer yang mampu dioperasikan melalui nalar dan sesuai pemikiran manusia, namun harus tetap disambungkan menggunakan kabel-kabel khusus yang dipusatkan pada otak user-nya. Dan satu lagi, kecanggihan computer saat ini juga terletak pada modifikasi layar monitor yang berbentuk meja kaca, ataukah berupa potongan-potongan yang dapat tetap menampilkan gambar sekalipu terletak pada posisi yang tak beraturan.
Betapa cepatnya perkembangan computer yang belum genap satu abad ditemukan. Dan Sungguh luar biasa (amazing) zaman yang kita alami sekarang.
Referensi: Pengertian Komputer://id.wikipedia.org/wiki/sejarah komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s