Filsafat Ilmu

            Filsafat Ilmu adalah sebuah ilmu yang merupakan cabang dari ilmu filsafat, dimana didalamnya dibahas tentang berbagai macam solusi dari prombelatika tentang hakikat ilmu sebenarnya. Dan pendapat lain mengatakan bahwa, Filsafat Ilmu adalah dasar yang menjiwai dinamika proses kegiatan memperoleh pengetahuan secara ilmiah.
Kata “Filsafat Ilmu” itu sendiri terdiri dari dua kata yakni “Filsafat” dan “Ilmu”. Sedangkan, kita tahu bahwa Filsafat yang dalam bahasa Inggrisnya “Philosophy” itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia; philos artinya cinta, atau philia artinya persahabatan, dan shopia yang bermakna hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis dan inteligensi. Jadi, secara bahasa Filsafat bermakna cinta kebijaksanaan atau kebenaran.
Serta kata “ilmu” yang kita sebut dalam Bahasa Inggris “Science” menurut Kamus Webster New World Distionary berasal dari kata latin “Scire” yang artinya mengetahui. Ini berarti bahwa menurut bahasa “science” artinya sebuah pengetahuan yang sistematis yang berasal dari observasi, kajian, dan percobaan-percobaan yang dilakukan untuk mengetahui sifat dasar  atau prinsip apa yang dikaji.
Referensi:
           Filsafat ilmu dan metode riset

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s