BELAJAR DARI POWER RANGER

Organizing Hope
# Part 2

Tau kah Anda bagaimana trik pak Guru dalam memberikan PR siswanya agar mereka tak keberatan menerima perintah tersebut????.. jawabannya simple. Coba Anda ingat-ingat lagi 10 tahun lalu… beliau menyuguhkan berbagai cerita-cerita anak dan serangkaian kabar gembira kepada kita, kemudian baru menjelaskan peraturan PR secara rinci sebelum pelajaran diakhiri.
Begitu pula yang hendak saya lakukan kepada Anda. Sebelum saya informasikan PR terdekat kita bersama di IMMAPSI, terlebih dulu biarkan saya kabarkan beberapa hot news yang cukup menggembirakan kita.
Pertama, terkait masalah Legalitas Ormawa, Direktur Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan Dikti (Ibu Ilah Sailah) telah membalas email dari Ketua Umum, jawabannya “… memang Dirjen akan mengeluarkan SK, namun orang yang mengurusi hal tersebut sekarang sedang ke Laos untuk mendampingi tim olahraga, namanya pak Widyo..” begitu balasan emailnya. Kata ketua Umum juga beliau baik orangnya, semoga kebaikan beliau dapat mempermulus perjalanan salah satu target terdepan kita, yakni legalitas.
Kedua, kabar ini dikhususkan bagi sahabat MP/AP se-Wilayah II (Jawa, Bali, Madura, dan Nusa Tenggara), minggu lalu saya menghubungi ketua HIMA AP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), saudara Yunus. Melalui via sms saya coba tanyakan tentang kesanggupan sahabat AP UNY untuk menjadi tuan rumah dalam Muswil beberapa bulan ke depan ini. singkat jawaban beliau, “Berdasarkan kesepakatan teman-teman, kami SIAP jadi tuan rumah Muswil I mas Ady..”.. suatu jawaban yang diharapkan, jawaban solutif dan sangat menggembirakan bagi kita semua. Hanya ucapan terima kasih yang saya ucapkan melalui sms itu, semoga peserta Muswil semakin banyak, pendatang baru pun semakin bertambah-tambah dari segala penjuru. Amin
Ketiga, LOGO IMMAPSI telah berhasil diluncurkan dua hari yang lalu berdasarkan persetujuan Ketua Umum, Kang Wildan. dengan kelarnya masalah Logo, diharapkan Panitia Munas I dapat sesegera mungkin menyatukan logo tersebut bersama beberapa dokumen lainnya, termasuk AD/ART dan hasil Munas I, untuk segera di-share ke seluruh penjuru Nusantara. Pasalnya, banyak sekali pihak yang menantikan dokumen penting tersebut. tepat kemaren sore, saudara saya dari STKIP Bogor , Kang Asep Mutadin, menelpon saya dan menanyakan terkait hasil Munas I, saya hanya bisa sampaikan.. “insyaAllah, akan segera di-share kang, coz menanti kelarnya logo, dan sekarang logo telah selesai dikerja”.
Berita gembira terakhir, Alhamdulillah Fanspage IMMAPSI telah berhasil diluncurkan. Artinya, ini merupakan langkah positif untuk menyatukan jiwa kekeluargaan kita antar mahasiswa MP/AP se-Indonesia, selain juga ada di Group Facebook. Rencananya akan segera dikembangkan ke dalam bentuk akun Twitter dan Halaman Website resmi milik IMMAPSI. Sekarang, yang diharapkan seluruh keluarga besar dapat membantu share halaman ini ke semua warga MP/AP se-Indonesia. Bisa dibayangkan bila fanspage kita jumlahnya hampir setara dengan Fanspage milik pak Mario Teguh. Sangat Super, Bukan?.
Usai sudah kabar gembira yang bisa saya infokan saat ini, kini tibalah saatnya saya memaparkan PR kita dalam waktu dekat ini, kepada seluruh pembaca, harap tetap istiqomah membaca tulisan ini hingga akhir ya….
PR Pertama,
Sehubungan telah lengkapnya semua dokumen yang dibutuhkan untuk sosialisasi di setiap kampus (setelah dikirim oleh panitia Munas), maka tugas kita selanjutnya, menyusun bahan acuan untuk sosialisasi. Kami (BPH Wilayah dan Pusat) mengharapkan masukan dan saran dari sahabat MP/AP Indonesia tentang materi apa yang hendak disosialisasikan. Lebih dari itu, sangat diperbolehkan bagi semua kampus untuk menyuguhkan rancangan presentasi yang akan digunakan. Silahkan di-email ke adysetia1@yahoo.com ataupun ke wildankarimanggaperbata@gmail.com
PR Kedua,
Informasi melalui berbagai penjuru perlu digalakkan, baik social network ataupun via telephone/sms. Social network bisa diperkuat melalui FansPage IMMAPSI ataupun Group FB (dulu bernama Temu Kolegial AP-MP Indonesia), di dalamnya kita bisa saling mengenal, saling bertukar pendapat, saling mengatur strategi untuk kemajuan IMMAPSI, dan terlebih lagi saling menyatukan kemampuan untuk menembus Legalitas Organisasi yang masing sangat bayi ini. begitu juga melalui telephone atau sms. Semua rencana kita tak dapat memuaskan jika kita bekerja sendiri-sendiri, perlu ada tambatan kekuatan yang padu, persatuan kemampuan dari segala penjuru untuk menembus semua benteng permasalahan yang ada. Tidakkah kita pernah melihat film anak-anak POWER RANGER??? Pasti kita tidak pernah melihat mereka mampu mengalahkan monster musuh jika mereka bekerja sendiri. Ranger merah tidak akan mampu tanpa bantuan ke-empat temannya, ada warna biru, hijau, kuning dan pink. Bahkan, tidak jarang kita temui ranger Merah masih memerlukan bantuan dari Ranger Hitam dan ranger Perak. Yang kemudian mereka bersatu mengontrol satu buah monster yang kuat untuk mengalahkan musuhnya. Cara kerja mereka perlu kita anut jika kita merindukan keberhasilan. Jadi, mari belajar dari filosofi film Power Ranger ini…
Selamat Berjuang…
Hidup Mahasiswa…!!!
Hidup IMMAPSI ..!!!

Oleh : Ady Setiawan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s