Menyiapkan Generasi Emas dengan Imtaq dan Iptek

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بلله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

يَاأَيُّهاَ الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin dan hadirat siding jumat yang berbahagia,

Puji dan syukur kehadirat Allah atas segala nikmat yang diberikan. Utamanya nikmat iman dan islam. Nikmat yang tidak mampu dibeli dengan rupiah serta tak mampu diuangkan. Selain itu, nikmat sehat dan waktu luang yang sangat sering kita abaikan. Tanpa kita sadari bahwa tidak semua insan yang diciptakan di dunia ini mampu merasakan dan mengambil hikmat untuk memanfaatkan nikmat tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sholawat berining salam kehadirat Nabi Muhammad SAW, utusan Allah yang membawa risalah islam. Membawa pesan perdamaian dan menyampaikan islam bagi seluruh ummat. Sebagai agama terakhir yang diridhoi Allah SWT. Semoga kita sekalian menjadi pengikut Rasul yang kelak akan mendapatkan syafaat di hari kelak. amin

 

Hadirin dan hadirat siding jumat yang berbahagia,

Allah SWT telah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Kalau kita mengikuti petunjuk itu, maka kita akan bisa mencapai tujuan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Namun, di samping itu juga memberikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan bagaimana mewujudkan Al-Qur’an dalam kehidupan nyata. Kalau tidak ada Nabi Muhammad SAW, pasti kita tidak akan tahu bagaimana harus melaksanakan isi Al-Qur’an dalam kehidupan riil. Oleh karena itu, mari kita ikuti petunjuk Allah, dan contoh dari Nabi Muhammad SAW agar kita termasuk orang yang akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak.

Dalam persoalan aqidah, telah jelas apa yang harus kita yakini. Terhadap masalah ibadah, kita juga harus tunduk dan patuh kepada ketentuan Allah dan contoh dari Rasulullah SAW. Tetapi dalam soal-soal keduniaan (al mu’amalah ad dunyaawiyah), maka kita diperintahkan oleh Allah agar kita berijtihad dengan landasan moral, namun juga tidak keluar dari ruh Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW itu sendiri.

Hadirin dan hadirat Sidang Jumat yang berbahagia,

Sebagai pengatar khutbah jumah ini, saya awali dengan beberapa fakta tentang generasi muda di Indonesia yang dikenal dengan Bonus Demografi atau bonus kependudukan, artinya apa? Bahwa pada usia 100 tahun Indonesia pasacamerdeka, nanti pada tahun 2045 indonesia akan memiliki generasi muda yang terbanyak sepanjang sejarah kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2013, jumlah penduduk Indonesia usia muda lebih banyak jika dibandingkan dengan usia tua. Dalam data tersebut dari sekitar 250 juta jiwa terlihat bahwa jumlah anak kelompok 0-9 sebanyak 46,93 juta jiwa, dan anak usia 10-19 tahun berjumlah 44,24 juta jiwa. SEMENTARA usia 50-59 adalah 22,90 juta jiwa. Artinya hampir 40% manusia di Indonesia berusia di bawah 20 tahun.

Mantan Mendikbud, Nuh menambahkan pada tahun 2045 nanti, anak-anak yang sekarang berusia 0-9 tahun akan berusia 35-45 tahun, sedangkan yang berusia 10-19 tahun akan berusia 45-54 tahun, yang mana usia-usia itulah yang akan memegang peran di suatu negara. Hal ini lah yang disebut dengan bonus demografi atau bonus generasi muda yang diberikan Allah kepada bangsa kita, bangsa Indonesia. Lalu bagaimana dengan daerah kita sendiri, Sintang. Data menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang jauh dengan data nasional.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s