Mengenal Jenis dan Program Pendidikan Tinggi di Indonesia

Apa kamu sudah tahu, Apa bedanya antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi?

Bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, tentu akan menjadi pertimbangan, akankah masuk ke Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, atau yang lainnya. Bahkan sebagian besar masih bingung untuk membedakan istilah tersebut ya.

Sebelum membahas bentuk-bentuk Perguruan Tinggi seperti Universitas, Institut dan lainnya, ada baiknya kamu memahami jenis-jenis Pendidikan Tinggi terlebih dahulu. Kenapa?

Karena Jenis Pendidikan Tinggi inilah yang akan membedakan bagaimana Kamu akan belajar, kurikulum yang digunakan, model pembelajarn, iklim belajar, arah dan tujuan yang pasti akan berpengaruh banget untuk hasil belajarmu nanti.

JENIS PENDIDIKAN TINGGI

Pendidikan Tinggi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu 1) Pendidikan Akademik; 2) Pendidikan Vokasi, dan 3) Pendidikan Profesi.

Pendidikan Akademik

Pendidikan Akademik merupakan Pendidikan Tinggi program sarjana dan/atau program pascasarjana yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Pendidikan akademik ini mencakup tiga program yang sudah sering kita dengar, yaitu program Sarjana (S1), Magister atau Master (S2) dan Doktor atau Doktoral (S3). Sudah semestinya pendidikan sarjana akan diarahkan untuk penerapan ilmu, pendidikan magister diarahkan untuk pengembangan ilmu, dan pendidikan doktor diarahkan untuk penemuan ilmu. Lulusan dari pendidikan akademiki ini akan mendapatkan gelar akademik, seperti Sarjana Pendidikan (S.Pd.), Sarjana Hukum (SH), pada jenjang S1, gelar Magister Pendidikan (M.Pd.), Magister Hukum (M.Hum) pada jenjang S2, ataupun gelar Doktor (Dr.) pada jenjang S3 yang di luar negeri menggunakan istilah Ph.D atau Phylosophy of Doctor.

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dijelaskan bahwa terdapat beberapa rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi bidang garapan dalam pendidikan akademik ini, yaitu: a) rumpun ilmu agama; b). rumpun ilmu humaniora; c). rumpun ilmu sosial; d). rumpun ilmu alam; e). rumpun ilmu formal; dan f). rumpun ilmu terapan.

Perlu diketahui juga ya, bahwa pendidikan akademik fokus pada aspek analisis dan penguasaan ilmu, teori atau konsep. Jadi Kamu diharapkam menjadi ahli, ilmuwan, pengkaji atau pengembangan dalam bidang ilmu tertentu.

Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi merupakan Pendidikan Tinggi program diploma yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan.

Pendidikan vokasi mencakup program pendidikan diploma I, diploma II, diploma III, dan diploma IV. Lulusan pendidikan vokasi mendapatkan gelar vokasi, misalnya  A.Ma (Ahli Muda) dan A.Md. (Ahli Madya).

Pendidikan vokasi bisa dibilang pendidikan kejuruan (seperti SMK atau SMEA di jenjang pendidikan menengah). Jadi Kamu akan diberikan lebih banyak muatan praktikum. Sehingga Kamu menguasai keahlian terapan tertentu dan siap menjadi tenaga kerja profesional.

Pendidikan Profesi

Pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan Mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus. Lulusan pendidikan profesi mendapatkan gelar profesi.

Dalam pendidikan profesi Kamu akan diarahkan menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan, kecakapan, atau kompetensi standar dan standar kinerja tertentu.

Nah, misalkan kamu sudah mengambil studi di jurusan Kedokteran dan berhasil lulus dengan gelar S.Ked, namun untuk bisa menjalankan pratik dokter (bekerja sebagai Dokter) Kamu harus mengambil pendidikan profesi. Ini berlaku untuk profesi-profesi lainnya seperti Dokter, Guru, Perawat, Apoteker, Advokat/ Pengacara, Akuntan dan Lainnya.

Bentuk dan Jenis Program Perguruan Tinggi

Bagaimana? Sekarang kalian sudah bisa menbedakan kan antara ketiga jenis pendidikan tinggi tersebut kan?

Saatnya kita membahas tentang program-program pendidikan tinggi di Indonesia ini apa saja sih?. Simak penjelasan singkat berikutnya tentang Mengenal Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia.

Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Ady Setiawan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s