Untan Menuju “Cyber University”

Tema yang diangkat dalam lomba blog tahun ini sangat menarik, yaitu “UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Geliat Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak dalam mempersiapkan diri menuju Cyber University begitu luar biasa. Satu kalimat yang mungkin cocok untuk menggambarkan keadaan Untan saat ini adalah “Untan Bukan Kaleng-Kaleng”.

Kampus negeri pertama di Kalbar itu dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Kalimantan. Setidaknya selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut ini.

Namanya juga selalu masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bersaing dengan berbagai macam perguruan tinggi, bukan hanya yang berstatus negeri, tapi juga swasta yang jumlahnya ribuan itu.

Pencapaian itu tidak lekas dan tidak boleh menjadikan Untan lengah. Justru harus terus berbenah. Agar tidak kalah.

Tantangan era Revolusi Industri 4.0 ini menjadikan dunia mengalami situasi disrupsi, serba penuh ketidakpastian, serba penuh perubahan, dan serba penuh tantangan. Sehingga semestinya target utama bukan hanya bisa bertahan, tapi juga bisa jadi pemenang.

Revolusi Industri 4.0 mensyaratkan segala hal harus berbasis teknologi, internet of things, big data, system cloud yang begitu mega besarnya, hingga pemanfaatan artificial intelligent atau AI.

Perlahan tapi pasti, Untan mengarah pada penerapan berbagai hal itu, pelayanan berbasis teknologi, internet, dan big data. Semuanya diharapkan bisa menjawab tantangan sekaligus menjadi peluang terkait perkembangan yang terjadi saat ini.

Mungkin itu yang melatarbelakangi Untan begitu gesit, bersiap, dan bergegas menuju perubahannya sebagai Universitas Siber.

Untan begitu serius untuk mencapai itu, sampai-sampai tertulis jelas di tagline website-nya, “Untan-Menuju Universitas Siber“.

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
Pernyataan Rektor Untan tentang “Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University”. Dikutip dari thetanjungpuratimes. Foto: mimbaruntan.com

Setahu saya, konsep ini diperkenalkan oleh Rektor terpilih, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si, FCBArb, sejak awal tahun lalu. Sebagai visi besar Untan yang baru, mendukung peningkatan mutu kampus yang hampir memasuki usia 61 tahun itu.

Begitu banyak perubahan dipersiapkan, mulai pelayanan administrasi, proses perkuliahan, hingga manajemen dan kebijakan yang mengarah pada penyiapan ekosistem digital berbasis teknologi di seluruh civitas akademika Untan.

Menurut hemat saya, memang untuk mewujudkan Ekosistem Digital Menuju Cyber University setidaknya diperlukan keselarasan dari tiga elemen penting itu.

Pertama, manajemen dan tata kelola termasuk di dalamnya kebijakan yang mendukung dan proses manajemen yang diterapkan mulai perencanaan hingga monitoring dan evaluasi.

Kedua, sumber daya manusia, termasuk di dalamnya mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, hingga stakeholder yang terkait.

Kemudian, bagaimana proses penciptaan ekosistem digital tersebut yang dapat dilihat dari pemanfaatan teknologi di dalam pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berikut ulasan saya terkait pembangunan ekosistem digital yang sudah dan sedang  diterapkan di lingkungan Untan.

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Foto & Desain: Ady.

Manajemen dan Tata Kelola

Pertama, Untan meraih status akreditasi A

Untan mendapatkan status Akreditasi A untuk kali pertama sejak berdirinya 20 Mei 1959 lalu. Hal itu berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 yang berlaku sejak 9 April 2019 s.d. 9 April 2024.

Pencapaian ini telah melewati proses panjang, di antaranya jasa rektor sebelumnya, Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA yang menjabat dua periode sejak 2011 s.d. 2019.

Status ini menjadi bekal Untan untuk segera menyiapkan menuju kampus cyber yang menjadi indikasi sebuah perguruan tinggi yang maju dan kompetitif bagi tantangan global.


14 thoughts on “Untan Menuju “Cyber University”

  1. semoga untan semakin terdepan sesuai dengan slogan salah satu merk motor, “UNTAN, semakin terdepan…”, kalo bisa lebih d persingkat lagi terkait ulasannya…

    Liked by 1 person

  2. Tulisan² kek gini ni yg jd sumber informasi buat org² yg blm tau gmn itu untan,..
    Lanjutkan ms,..
    Sukses buat ms Adi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s